Nasi Liwet Kota Solo : Keistimewaan, Asal Usul, Resep & Cara Memasak | Catering Ummi Panam Pekanbaru

Nasi Liwet Kota Solo : Keistimewaan, Asal Usul, Resep & Cara Memasak

 Nasi Liwet Kota Solo : Keistimewaan, Asal Usul, Resep & Cara Memasak - Indonesia memang negara yang kaya akan budaya, selain kaya dengan budaya,negara tercinta kita Indonesia juga memiliki wisata di bidang kuliner Yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat kita. 

Bahkan bisa sampai ditemukan diluar negeri Yang bisa dinikmati dan menjadikannya makananan favorit bagi para turis mancanegara jika berkunjung ke Indonesia. 

Kali ini kami akan membahas tentang Salah satu kuliner yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, itu nasi liwet. 

Nasi liwet sendiri merupakan makanan yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Makanan ini tidak terlalu mewah, tetapi makanan ini memiliki khas tersendiri dan memiliki citarasa yang sangat lezat sehingga kesederhanaannya bisa tertutupi oleh rasanya yang istimewa. 

Maka dari itu nasi liwet ini bisa disebut dengan menu makanan yang terbilang istimewa.

Nasi Liwet Kota Solo : Keistimewaan, Asal Usul, Resep & Cara Memasak
Nasi Liwet Solo | Foto : Masakapahariini.com


Asal-usul nasi liwet di Indonesia 

Nasi liwet sendiri Sebenarnya bukan hanya berasal dari Solo tetapi ada nasi liwet yang berasal dari Sunda. 

Nasi liwet yang berasal dari Solo memiliki sejarah yang ternyata hasil liwet tersebut bukanlah berasal dari kaum bangsawan atau konglomerat.

Tetapi nasi tersebut dibuat oleh masyarakat biasa yang menjadi penduduk di desa menuran Kabupaten Sukoharjo. 

Sementara nasi liwet Sunda dibuat pertama kali oleh masyarakat yang sedang berkebun. Pada saat berkebun masyarakat yang akan berangkat ke kebun, mereka membawa bekal dengan sebuah nasi untuk untuk makan dari pagi hingga mereka akan pulang setelah selesai bekerja.


Cara memasak Nasi liwet

Cara memasak nasi liwet ini bisa terbilang sederhana namun tidak mudah untuk dilakukan. Sebab memasak nasi liwet ini butuh proses yang tidak cepat.

Namun rasanya terjamin lezat dan sangat istimewa dari menu-menu lainnya. Cara membuatnya yaitu:

1. Pertama bilas ikan teri Medan kemudian goreng dengan minyak hingga kering setelah itu Angkat.

2. Setelah itu campur kan dengan nasi dan setengah lagi untuk lauk pada nasi liwet nantinya yang akan di taburkan pada atas nasi sebagai topping. 

3. Setelah itu Masak nasi di dalamnya juga sambil menunggu nasi matang tumis irisan bawang merah, bawang putih, daun jeruk daun salam lengkuas dan sereh titik 4. Setelah itu tumis cabai hingga mengeluarkan harum hingga cabai mulai layu. 

5. Setelah tumisan matang campur ke dalam beras yang akan dimasak. 

6. Kemudian itu campur kan juga ikan teri yang telah digoreng kemudian tambahkan garam dan kaldu ayam hingga memiliki rasa yang pas. 

7. Setelah tercampur rata Kemudian aduk tumisan dan beras agar merata dan tercampur.

8. Selanjutnya tunggu hingga nasi matang 

9. Setelah matang sajikan nasi liwet yang telah tercampur beberapa tumisan tadi di atas piring beralaskan daun pisang. 

10. Jangan lupa taburi ikan teri Medan yang telah digoreng tadi, setelah itu nasi liwet dapat dinikmati.


Setelah anda mengetahui tentang nasi liwet dengan membaca artikel kami, Anda bisa langsung mencicipi nasi liwet yang berada di sekitar kota Solo. 

Anda juga bisa mencoba memasak nasi liwet tersebut sendiri dirumah menggunakan resep dan tutorial yang kami bagikan untuk dihidangkan bersama keluarga anda.