Nasi Tumpeng : Sejarah, Fungsi, Isian, Cara Memasaknya | Catering Ummi Panam Pekanbaru

Nasi Tumpeng : Sejarah, Fungsi, Isian, Cara Memasaknya

Nasi Tumpeng : Sejarah, Fungsi, Isian, Cara Memasaknya

 Nasi Tumpeng : Sejarah, Fungsi, Isian, Cara Memasaknya

Kuliner di Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya untuk kita jelajahi. Karena Indonesia sendiri merupakan suatu negara dengan berbagai macam kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda di setiap daerah yang ada. 

Saking banyaknya budaya yang tersebar di berbagai penjuru dan belahan Indonesia tercinta ini, kita hampir mustahil untuk mengunjungi semua daerah yang memiliki kebudayaan khas di setiap daerah di Indonesia.

Selain budayanya yang tidak terhitung, Indonesia memang terkenal dengan wisata di setiap daerah. 

Wisata yang akan kami bahas disini adalah wisata kuliner Indonesia. 


Nasi Tumpeng Kuliner Khas Jawa

Nasi tumpeng adalah Salah satu kuliner yang sudah familiar terdengar oleh semua masyarakat Indonesia khususnya orang suku Jawa.


Pergeseran Penggunaan Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng sendiri merupakan makanan asli Indonesia dan makanan itu sudah ada sejak zaman kerajaan. Pada dahulu kala nasi tumpeng disajikan sebagai bentuk persembahan kepada roh nenek moyang untuk menghormati arwah yang telah Tiada. 

Namun Seiring berjalannya waktu dan seiring berkembangnya, nasi tumpeng tidak lagi disajikan untuk sesuatu yang berbau mistis, tetapi nasi tumpeng disajikan untuk acara-acara besar seperti syukuran, peresmian, ulang tahun, acara formal, penghargaan kepada seseorang untuk memberikan suatu apresiasi dan lain-lain.


Keunikan Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng sendiri memiliki keunikan yang tidak terdapat pada menu menu nasi lainnya. Karena nasi ini berbentuk kerucut serta memiliki beberapa lauk di bawahnya yang menggambarkan sebuah gunung. 


Varian dan Isian Hidangan Nasi Tumpeng

Selain itu nasi tumpeng juga memiliki berbagai varian nasi yang diolah, seperti nasi kuning, nasi putih, nasi uduk dan lain-lain titik lauk yang disajikan dalam nasi tumpeng ini bermacam-macam mulai dari ayam goreng, bihun goreng, orek tempe, mie goreng, telur dadar, dan lain sebagainya tergantung pesanan yang telah ditentukan. 

Selain itu ada tambahan yang bisa menghiasi nasi tumpeng agar terlihat lebih cantik, yaitu dengan cara diberikan potongan timun yang dibentuk menyerupai bunga, tomat yang menyerupai bunga, serta beberapa potongan wortel yang juga membentuk seperti bunga. 

Dari beberapa campuran yang ada pada nasi tumpeng tersebut menambah nilai estetika dan keindahan tersendiri.

Sehingga nasi tumpeng tersebut selain besar dan memiliki bentuk yang unik nasi tumpeng juga memiliki warna yang sangat sayang untuk dimakan karena lebih sulit menghiasnya daripada memasak menu masakannya.


Cara membuat Nasi Tumpeng

Cara membuat nasi tumpeng memang bisa terbilang susah tetapi jika anda ingin mencoba membuat nasi teman sendiri untuk acara pribadi anda bisa membuatnya dengan cara berikut ini

1. Pertama masaklah nasi putih biasa kemudian berikan kunir dan daun salam serta bumbu untuk membuat nasi kuning

2. Setengah masih di masa lalu Buatlah beberapa varian sayur dan lauk pauk untuk dihidangkan seperti : ayam goreng,tempe orek,telur cadar, bihun goreng,mie goreng dan lain-lain.

3. Setelah nasi matang kemudian tetap di sebuah pulau yang berbentuk kerucut dan padatkan telah dipadatkan. 4. Sajikan nasi di atas daun pisang yang sudah dihias.

5. Setelah itu lauk pauk dan sayuran yang telah dimasak tadi bisa dihidangkan di pinggiran nasi tumpeng yang sudah jadi.

4. Lalu jangan lupa untuk menambahkan hiasan-hiasan seperti potongan timun yang berbentuk bunga tomat yang berbentuk bunga selada dan abon untuk mempercantik penampilan.


Setelah anda membaca artikel yang kami tulis tentang nasi tumpeng, Apakah anda tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri? langsung saja coba praktikkan ini di rumah kalian masing-masing.

Anda sibuk, tidak punya waktu, ingin yang ringkas dan simpel? Anda Bisa Order Nasi Tumpeng di Catering Ummi Panam Pekanbaru. Tinggal hubungi kontak yang ada diwebsite ini.